Rabu, 07 Februari 2018

PEACEMINUSONE


Apa itu PEACEMINUSONE ?



Peaceminusone adalah brand fashion ternama salah satu member bigbang yaitu G-Dragon. Namun, disamping dari banyaknya peminat akan produk tersebut ada banyak tanggapan mengenai brand tersebut Beberapa waktu lalu, akun instagram lini busananya itu, merilis satu foto yang memuat panduan mencuci pakaian yang cukup nyeleneh. 

"Jangan dicuci mesin, jangan pakai pemutih, jangan disetrika, keringkan di bawah matahari...ah, abaikan. Berikan saja pada ibumu. Dia lebih tahu bagaimana melakukannya." 

Sontak foto label dengan panduan ini menuai kontroversi karena dianggap merendahkan wanita. 
anyak yang menganggap kalimat tersebut menegaskan seolah-olah mencuci baju hanya merupakan pekerjaan seorang ibu atau wanita. 

Mengutip The Herald Econ seperti dilansir dari Nate, seorang netizen menuturkan, "Memaksa ibu untuk melakukan pekerjaan rumah itu berarti memperkuat stereotip gender."

Namun, tak sedikit pula yang menganggap kalimat tersebut sebagai sesuatu yang lucu. 

Salah satu netizen mengatakan, "Sebenarnya saya menganggap ini sangat lucu dan tidak misoginis sama sekali. Dia mengunggah foto itu karena unik, dan tak biasa."

Netizen lain menuturkan, "Lalu bagaimana dengan iklan yang mengatakan 'biarkan ayahmu yang mengganti lampu' atau 'biarkan kakak laki-lakimu yang memperbaiki komputer'. Bukankah itu misandry juga?"

Kontroversi ini bukan hal baru buat lini busana G-Dragon. Sebelumnya, label busana ini mengundang kritik karena harganya yang dianggap sangat mahal. Sebagai contoh, sebuah topi polos berwarna hitam dibanderol US$201,09 atau setara Rp2,6 juta. Sementara kaos hitam polos dihargai US$306,93 atau sekitar Rp4 juta.

"Tapi jika dipikir masalah harga,dia adalah G-D sudah sewajarnya apabila harga nya terbilang lumayan mahal." Ujar salah satu netizen.

Terlepas dari tingginya harga produk PEACEMINUSONE, nama G-Dragon cukup mendongkrak penjualan barang labelnya terlihat dari banyaknya barang yang ludes terjual. Di situs resmi label ini, sembilan dari 15 macam produk yang dijual telah habis. Beberapa artis pun terlihat mengenakan produk label ini, salah satunya adalah aktris sekaligus penyanyi terkenal asal Hong Kong Angelababy,Sandara Park, Taeyang, CL,Seungri, Hanbin,Mino, Jungkook dll. Dan juga barang ini kedapatan menjadi trend setter imdustri pakaian.

Terkait pandungan mencuci yang nyeleneh ini, juga bukan hal baru di dunia fesyen. 
Jauh sebelum G-Dragon melakukannya lewat PEACEMINUSONE, label busana asal Italia, Shoeshine, juga pernah melakukan hal serupa.

Baru-baru ini G-Dragon melakukan pameran PEACEMINUSONE yang berkolaborasi dengan beberapa desainer. 

0 komentar:

Posting Komentar