Senin, 30 Oktober 2017

BIGBANG


BigBang 2017Big Bang (Hangul: 빅뱅) adalah boy band asal Korea Selatan yang dibentuk oleh YG Entertaiment Grup ini debut secara resmi pada 19 Agustus 2006 dengan lima anggota, yakni G-Dragon, T.O.P, Taeyang, Daesung dan Seungri. Didominasi dengan aliran hip hop, debut mereka pun cukup sukses dengan album pertama Bigbang Vol.1 yang terjual sebanyak 48.000 kopi. Kesuksesan mereka melesat setelah dirilisnya album mini pertama mereka,always, dengan singel "Lies" (Hangul: 거짓말; RRGeojitmal). Lagu ini merajai tangga lagu Korea selama tujuh minggu berturut-turut[ dan membawa grup ini meraih penghargaan 'Song of the Year' di Mnet Korean Music Festival 2007.
Album mini mereka berikutnya juga mengikuti kesuksesan album sebelumnya, Hot issue dengan singel "Last Farewell" (Hangul마지막 인사; RRMajimak Insa) dan Stand up dengan singel "Day by Day" (Hangul하루하루; RRHaru Haru). Setelah menerima penghargaan 'Artist of the Year' di Mnet Korean Music Festival 2008, pada tahun yang sama grup ini melebarkan sayap ke Jepang dengan merilis album Korea kedua Remember dan album Jepang pertama Number 1, serta memperoleh tiga penghargaan di MTV Video Music Awards Japan ke-9. Mereka merilis tiga album studio Jepang lainnya, yakni Big Bang (2009), Big Bang 2 (2011) dan Alive (2012). Di tengah promosi mereka di Jepang, para anggota mulai menjalankan kegiatan solo masing-masing: Taeyang dan G-Dragon merilis album solo, G-Dragon dan T.O.P membentuk subunit GD & TOP, Seungri dan Daesung tampil dalam teater musikal dan menjadi pembawa acara di TV, dan T.O.P membintangi beberapa film dan acara televisi.
Setelah dua tahun hiatus dari segala kegiatan di Korea Selatan, Big Bang kembali pada tahun 2011 dengan album mini Tonight(2011). Masa promosi untuk album ini tersendat dikarenakan beberapa anggota terjerat masalah hukum. Pada akhir tahun, Big Bang muncul di acara MTV Europe Music Awards 2011 sebagai pemenang penghargaan 'Best Worldwide Act'Tiga bulan kemudian, Big Bang merilis album mini Korea Alive (2012) yang membawa grup ini meraih penghargaan 'Artist of the Year' kedua mereka di Mnet Asian Music Awards 2012. Alive menjadi album Korea pertama yang berhasil masuk tangga album Billboard 200, selain itu mereka juga menggelar tur dunia pertama mereka yang bertajuk Alive Galaxy Tour 2012. Setelah tiga tahun hiatus, pada tahun 2015 Big Bang melakukan comeback yang sudah sangat diantisipasi oleh dunia musik dengan merilis empat album singel, yakni M, A, D dan sebagai bagian dari album studio ketiga mereka, MADE. Album singel mereka tersebut menuai banyak kesuksesan, baik dari segi komersial maupun kritis dengan penjualan lebih dari 13,3 juta kopi di seluruh Asia dan grup ini berhasil meraih penghargaan 'Artist of the Year' ketiga mereka di Mnet Asian Music Awards 2015.
Keterlibatan para anggota dalam penyusunan dan pembuatan musik mereka sendiri, terutama G-Dragon, telah mendapatkan banyak pujian dan respek dari para ahli industri musik. Mereka telah memenangkan banyak penghargaan dan memecahkan rekor, termasuk penyanyi dengan penjualan terlaris sepanjang masa di Cyworld dan penerima penghargaan 'Artist of the Year' terbanyak di Mnet Asian Music Awards. Atas popularitas global dan kontribusi mereka kepada K-pop, Hollywood Reporter mendeskripsikan mereka sebagai "boy band terbesar di dunia.

0 komentar:

Posting Komentar